Prodi Pendidikan Kimia Gelar Workshop Akademik : Evaluasi Penyusunan RPS OBE pada Kurikulum Merdeka
Prodi Pendidikan Kimia Gelar Workshop Akademik : Evaluasi Penyusunan RPS OBE pada Kurikulum Merdeka

Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Workshop Akademik bertema “Evaluasi Penyusunan RPS Outcome-Based Education (OBE) pada Kurikulum Merdeka” pada Kamis, 17 Oktober 2024. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D sebagai narasumber yang memberikan review eksternal dan masukan strategis untuk penyempurnaan kurikulum serta Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di lingkungan Prodi Pendidikan Kimia.

Dalam paparannya, Prof. Yuli menekankan bahwa struktur mata kuliah perlu disusun dengan menonjolkan penciri prodi, sekaligus memperhatikan proporsionalitas beban kerja mahasiswa. Jumlah Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) sebaiknya tidak lebih dari 14, dengan rekomendasi satu CPMK untuk setiap pertemuan agar proses pembelajaran lebih fokus dan terarah. Ia juga mengingatkan pentingnya memastikan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL/PLO) tercantum pada setiap mata kuliah, yang didukung oleh RPS yang disusun menjadi lesson plan lengkap dengan sistem penilaian yang jelas dan terukur. Selain itu, kurikulum perlu diselaraskan dengan regulasi nasional seperti Permendikti dan SNDIKTI, dengan penggunaan Learning Outcome yang sesuai dengan Taksonomi Bloom sehingga dapat diukur dan diturunkan secara efektif ke capaian pembelajaran pada tiap mata kuliah.

Dekan FITK, Prof. Siti Nurul Azkiyah, M.Sc., Ph.D, menyampaikan apresiasi atas kontribusi Prof. Yuli dalam memberikan arahan yang konstruktif. “Masukan ini menjadi landasan penting bagi prodi untuk terus meningkatkan kualitas kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan dunia kerja,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Prodi Pendidikan Kimia semakin siap mengimplementasikan kurikulum berbasis OBE yang selaras dengan tuntutan Kurikulum Merdeka dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten serta relevan di era pendidikan abad ke-21.